Language: ID | EN

ANGIN x Oxfam Women Spotlight:

CERITA TENTANG PARA PENENUN

Memberdayakan Pembangunan Ekonomi Rumah Tangga dan Kesetaraan Gender Melalui Kebajikan Tradisi Menenun di Pulau Lombok, Indonesia

UNTUK MASA DEPAN LOMBOK

Kisah tenun ini dituturkan oleh delapan perempuan yang bergerak di bidang tenun tradisional dari desa Pringgasela, Lombok Timur, dan Sukarara, Lombok Tengah. Kisah mereka erat hubungannya dengan warisan budaya dan kerja keras mereka untuk berkembang secara progresif, dan tentunya, mimpi mereka.

Seluruh konten di halaman ini adalah sebuah bagian dari aktivitas bernama Oxfam Women Spotlight. Aktivitas ini dieksekusi oleh ANGIN (Angel Investment Network Indonesia) dibawah program ‘Indonesian Women in Leadership’ dari Oxfam Australia. Program ini didanai oleh Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia dan diimplementasikan oleh Oxfam di Indonesia, berkoordinasi dengan Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Subehanale, semoga para pembaca menemukan rangkaian cerita seindah dan senyata hasil tenun mereka.

WOMEN SPOTLIGHT

Delapan perempuan, dua desa, satu pulau, dan ribuan cerita. Delapan perempuan hebat ini menuturkan kisah hidup mereka; masa lalu, perjuangan, dan mimpi mereka untuk masa depan Lombok yang lebih baik.

Inaq Aini Hukmi

Seorang Penenun, Petani, dan Ibu dengan Mimpi Sederhana.

READ MORE

Inaq Sepaah

Sang Maestro Tunggal

READ MORE

Nely Sofiana

Di Belakang Layar Bersama Kelompok Nina Penenun

READ MORE

Sri Hartini

Bermimpi Setinggi Langit untuk Masa Depan Pringgasela

READ MORE

Lale Srimanggis

Si Kreatif yang Tak Lelah Mencari Peluang Baru

READ MORE

Lale Samiati

Perempuan Mungil yang Menciptakan Mimpi Raksasa

READ MORE

Lale Sudiati

Tradisi Melari, dan Kasus Pernikahan Dini

READ MORE

Sri Mila Hardiana

Pengusaha Tenun Pionir Dari Sukarara

READ MORE

I-WIL PROJECT SHOWCASE

Tim ANGIN, bersama Oxfam dan Konsorsium ADARA (Adil, Damai, dan Setara) sudah melakukan berbagai usaha pada pengembangan industri tenun di Lombok paska-bencana. Kami telah melakukan riset rantai nilai, membuat buku dan publikasi, pelatihan kampanye, dan pelatihan produk dan bisnis yang diselenggarakan di antara bulan Oktober 2018 hingga Juni 2019.

RISET RANTAI NILAI

Laporan ini akan mengeksplorasi rantai nilai tenun Lombok yang mengarah pada intervensi praktis untuk memeriksa penggunaan tenun sebagai alat untuk membantu para perempuan Lombok dalam meningkatkan kesejahteraan finansial mereka, serta menghubungkan sektor industri ini dengan prinsip-prinsip ekowisata dalam pengembangannya.

DOWNLOAD PDF : ENGLISH | INDONESIAN

DISEMINASI RISET

Penelitian enam bulan tentang value chain tenun Lombok dipresentasikan oleh research lead Saskia Tjokro. Ia menghadirkan penelitian tersebut kepada audiens yang terdiri dari para pemangku kepentingan strategis keberlanjutan Lombok di Indonesia, yaitu pemerintah daerah, pembuat keputusan, badan pendanaan, dan penerima manfaat langsung.

READ ARTICLE

PELATIHAN PENGEMBANGAN PRODUK

ANGIN bermitra dengan OXFAM Indonesia dan Konsorsium ADARA mengadakan pelatihan pengembangan produk dengan para penenun Lombok. Kami menemukan cara-cara praktis dan inovatif bagi penenun wanita untuk Mengembangkan produk mereka. Kami merancang pembelajaran secara eksklusif agar dapat mereka pelajari dengan mudah. Peserta pelatihan berasal dari 2 desa, desa Pringgasela Selatan di Lombok Timur dan desa Sukarara di Lombok Tengah.

READ ARTICLE

MARI BERKONTRIBUSI DALAM MENGEMBANGKAN INDUSTRI TENUN LOMBOK

Kumpulan artikel ini ditulis dengan proses yang panjang di balik layar. Walaupun begitu, kami percaya bahwa sebenarnya tidak cukup memahami dan menyaksikan seperti apa tantangan yang mereka hadapi dengan hanya membaca cerita mereka lewat buku ini. Kami berharap akan adanya hati dan semangat yang tergerak untuk turut berupaya dalam isu pengembangan ekonomi dan kesetaraan gender, terutama bagi mereka yang berasal dari kelompok masyarakat rentan.

Tim ANGIN membuka kesempatan kerja sama dalam hal kolaborasi pelatihan, penelitian, donasi, investasi dampak (impact investment), atau hal-hal lainnya yang dapat memperkuat dampak pengembangan di daerah Lombok dalam kerangka isu pengembangan ekonomi dan kesetaraan gender. Hubungi kami di: RPanjaitan@oxfam.org.uk

PEMESANAN BUKU EDISI TERBATAS

Sebagai alat untuk mengadvokasikan misi kami, kami mencetak buku “Cerita Tentang Para Penenun” dalam edisi terbatas. Kami ingin menjangkau orang-orang yang relevan untuk membantu kami menyebarkan isu ini. Namun, karena banyaknya permintaan, kami masih perlu memeriksa ketersediaannya. Cukup isi detail identitas Anda dalam formulir di bawah ini:

ANGIN X Oxfam Women Spotlight Team

Oxfam in Indonesia Country Director: Maria Lauranti
Oxfam IWIL Project Manager: Kristi Praptiwi
Oxfam Knowledge Management Specialist: Kent Eskildsen
ANGIN Managing Director: David Soukhasing
Research Lead: Saskia P Tjokro
Author: Sarah Soeprapto
Photographer: Anggara Mahendra
Editor: Prinka Saraswati
Field Interviewer : Feby Ramadhani
  Sarah Soeprapto
Local Guide / Facilitator : Eci (Gema Alam)
  Anggi & Nur
  (Koalisi Perempuan Indonesia)
Transcriber : Prinka Saraswati
Operations Officer : Atin Dewi Iriyanti
Book Designer : Pramada
Writing Assistants : Emily Izmirian
  Jacob Wee
  Candice (Jiaying) Li
  Novi Juwita

Pin It on Pinterest